Public Relation Pengertian Peran Dan Fungsinya
Pengertian
Public Relation, atau sering disebut humas adalah praktik mengelola
penyebaran informasi antara individu atau organisasi dan masyarakat.[1] Humas
dapat mencakup sebuah organisasi atau individu yang mendapatkan eksposur ke
khalayak mereka menggunakan topik kepentingan publik dan berita yang tidak
memerlukan pembayaran langsung.[2] Tujuan
dari hubungan masyarakat oleh perusahaan sering untuk membujuk masyarakat,
investor, mitra, karyawan, dan pemangku kepentingan lainnya untuk
mempertahankan sudut pandang tertentu tentang hal itu, kepemimpinannya, produk,
atau keputusan politik. Kegiatan umum termasuk berbicara di konferensi,
memenangkan penghargaan industri, bekerja sama dengan pers, dan komunikasi
karyawan. Sebagai sebuah profesi seorang Humas bertanggung jawab untuk
memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan
membangkitkan ketertarikan masyarakatakan
sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi [4].
(https://id.wikipedia.org/wiki/Hubungan_masyarakat)
Sedangkan menurut para ahli seperti Scott M. Cutlip dan
Allen H. Center mengatakan Humas merupakan fungsi manajemen yang menilai sikap
publik, mengidentifikasi kebijakan dan tata cara seseorang atau organisasi demi
kepentingan publik, serta merencanakan dan melakukan suatu program kegiatan
untuk memperoleh pengertian, pemahaman, dan dukungan dari publiknya
Kemudian dalam definisi menurut Public Relation World Conference
mengungkapkan bahwa Humas adalah gabungan
antara seni dan ilmu pengetahuan yang memperdiksi kecenderungan, memperkirakan konsekuensi, memberi
saran kepada pimpinan organisasi, dan melaksanakan rencana kegiatan sebagaimana
yang telah ditetapkan untuk melayani kepentingan publik dan organisasinya
Peran PR
1. Penasehat Ahli ( Expert Prescriber ).
Seorang praktisi
Public Relations yang berpengalaman dan memiliki kemampuan tinggi dapat
membantu mencarikan solusi dalam penyelesaian masalah hubungan dengan publiknya
(Communicator Fasilitator ).
2.
Fasilitator Komunikasi ( Communication Fasilitator ).
Dalam hal ini,
praktisi Public Relations bertindak sebagai komunikator atau mediator untuk
membantu pihak manajemen dalam hal mendengar apa yang diinginnkan dan
diharapkan oleh publiknya
3.
Fasilitator Proses Pemecahan Masalah ( Problem Solving Process
Fasilitator ).
Peranan praktisi
Public Relations dalam pemecahan masalah persoalan Public Relations ini
merupakan bagian dari tim manajemen. Hal ini dimaksudkan untuk membantu
pimpinan organisasi baik sebagai penasihat ( adviser ) hingga mengambil
rindakan eksekusi (keputusan) dalam mengatasi persoalan atau krisis yang tengah
dihadapi secara rasional dan profesional.
4. Teknisi Komunikasi ( Communication Technician
).
Peranan
communications technician ini menjadikan praktisi Public Relations sebagai
journalist in recident yang hanya menyediakan layanan teknis komunikasi atau
dikenal dengan of communication in organization.
Fungsi PR
Cutlip & Center and Canfield merumuskan fungsi Public Relations sebagai berikut:
- Menjunjung aktifitas utama manajemen dalam mencapai tujuan bersama (fungsi melekat pada manajemen lembaga atau organisasi)
- Membina hubungan yang harmonis antara badan/organisasi dengan publiknya sebagai khalayak sasaran.
- Mengidentifikasikan yang menyangkut opini, persepsi dan tanggapan masyarakat terhadap badan/organisasi yang diwakilinya atau sebaliknya.
- Melayani keinginan publiknya dan memberikan sumbangan saran kepada pimpinan manajemen demi untuk tujuan dan manfaat bersama.
- Menciptakan komunikasi dua arah timbal balik, dan mengatur arus informasi, publikasi serta pesan dari badan/organisasi ke publiknya ata terjadi sebaliknya demi tercapainya citra positif bagi kedua belah pihak (Ruslan,1998:3II)
Contoh Kasus
Cara Unik KFC di Inggris Tangani Krisis19 Februari 2018, Britania Raya
900 gerai restoran makanan cepat saji KFC di Inggris ditutup karena kekurangan ayam, mulai Senin, 19 Februari 2018, waktu setempat. Masalah itu muncul pada akhir pekan lalu setelah jaringan restoran tersebut mengalihkan kontrak pengirimannya ke DHL.Sebagai permohonan maaf mereka kepada konsumen yang kecewa, manajemen restoran ayam goreng itu memasang iklan satu halaman penuh di surat kabar Metro.
Dalam iklan, terlihat foto kotak KFC yang kosong dengan latar belakang warna merah khasnya. Ini bagian tercerdasnya, mereka dengan berani mengganti logo KFC menjadi FCK, yang sesungguhnya adalah sebuah kata umpatan dalam bahasa Inggris : FUCK.
Konsultan PR Andrew Bloch menulis di Twitter,” KFC meminta maaf dengan memasang iklan satu halaman penuh di Metro edisi hari ini. Sebuah manajemen krisis PR kelas master.” James Herring juga menulis twitter serupa,” Sebuah iklan permintaan maaf yang sempurna dari KFC.”
Begini bunyi iklannya :
“Sebuah restoran ayam tanpa ayam. Ini tidak ideal. Maaf yang mendalam pada semua pelanggan kami, terutama yang sudah menuju ke restoran kami dan mendapati kami tutup. Terimakasih tak terkira kepada semua tim KFC dan partner-partner franchise kami yang bekerja tanpa lelah untuk memperbaiki keadaan. Ini adalah minggu menegangkan, namun kami terus memperbaiki, dan kini setiap hari bertambah terus ayam segar yang dikirim ke restoran kami. Terimakasih untuk tetap bersama kami”.
Tindakan unik dan brilian KFC ini menjadi viral, dan diberitakan positif oleh banyak media massa di berbagai belahan dunia, antara lain di USA Today, CNBC, Independen, dan juga media-media di tanah air. Salut! Ini menjadi sebuah studi kasus tentang Krisis PR yang patut dicontoh banyak perusahaan.
0 comments:
Post a Comment